Friday, July 3, 2015

Mengenal Genre Novel Thriller




Ketika membuka novel thriller, maka yang terbayang adalah adegan kejar-kejaran, mungkin tembak-tembakan, mungkin juga misteri rumit yang harus dipecahkan, bisa juga adegan menakutkan, dan masih banyak lagi hal-hal seru yang menguras adrenalin. Novel genre ini memang sangat luas temanya. International Thriller Writers (http://thrillerwriters.org/aboutitw/), asosiasinya penulis Thriller Internesional--mengatakan novel thriller mencakup cerita bertema pembunuhan, misteri, detektif, suspense, horor, supranatural, spionase, kriminal, perang, petualangan, dan tema-tema semacam itu.

Meski temanya beragam, novel genre ini punya banyak kesamaan. Antara lain: tempo cerita yang cepat, narasinya sederhana dan tidak berbunga-bunga, punya banyak adegan action, punya plot twist, mampu membangkitkan ketegangan, kengerian, dan berusaha membuat adrenalin pembaca mengalir deras.

Dalam perkembangannya, genre triller membentuk banyak sub genre. Sub-genre tersebut terbentuk karena banyak pihak yang berkepentingan untuk memecahnya menjadi kelompok yang lebih spesifik. Penerbit misalnya, perlu untuk menandai ciri-ciri novel yang akan ia sasar. Toko buku perlu untuk kepentingan pencatatan gudang juga penempatan buku di rak. Demikian pula dengan pembaca dan penulis.

Ketika membeli novel, pembaca pasti punya perkiraan tentang cerita yang ia harapkan. Bagi pembaca, membeli novel mirip dengan memesan makanan. Ketika memesan pizza misalnya, maka ia akan berharap disuguhi roti berbentuk bundar dan tipis untuk pizza ala Italia atau agak tebal untuk pizza ala Amerika. Makanan tersebut harus punya rasa yang gurih, asin, dan berkeju. Mungkin akan ada sayur, ikan, ataupun sosis. Seandainya pesanan yang datang berbentuk roti bulat, agak tebal, berminyak, dan berisi keju, kacang, dan coklat, maka si pemesan pasti akan protes. Ia pesan pizza bukan martabak.
beda genre
Meski sama-sama terbuat dari tepung dan berbentuk bulat, tapi martabak dan pizza berbeda jenis.

Demikian pula dengan pembaca. Ketika seorang pembaca membeli buku bergenre spy misalnya, maka ia akan berharap tokoh dalam cerita adalah seorang agen rahasia dan novel itu akan bercerita tentang kehidupan, pekerjaan, dan konflik seputar dunia intelijen rahasia. Karena itu pembaca perlu punya pengetahuan tentang genre.

Di sisi lain, penulis juga perlu paham genre novel yang ia tulis karena penulislah koki dari novel. Penulis memang harus kreatif, tetapi sebaiknya melihat juga pola dan batasan-batasan dari genre yang ia tulis. Jangan sampai ia membuatkan martabak kepada para pemesan pizza. Begitulah. Mengetahui sub-genre berguna agar tidak kecele.

Berikut ini beberapa sub-genre thriller/suspense yang kudapat dari berbagai sumber:

Conspiracy-Thriller: Sub genre ini punya ciri protagonisnya berkonfilk dengan kelompok besar dan berkuasa. Di dalam cerita, sang protagonis biasanya dianggap ancaman yang harus dilenyapkan oleh kelompok tersebut  karena sang protagonis mengetahui rahasia atau kejahatan kelompok tersebut.

Crime: Crime atau cerita kriminal bisa bercerita tentang kehidupan seorang penjahat atau tentang misteri suatu kejahatan yang harus dibongkar. Untuk hal yang terakhir, sub-genre ini tumpang tindih dengan sub-genre detektif.

Disaster: Biasanya bercerita tentang perjuangan protagonis saat berhadapan dengan bencana, bisa bencana alam seperti badai, gempa bumi, dan  lain-lain, bisa juga kecelakaan atau musibah yang disebabkan oleh manusia seperti kecelakaan pesawat, kapal, wabah penyakit, dan lain-lain.

Eco-Thrillers: Bencana lingkungan yang disebabkan oleh ulah sekelompok orang menjadi tema utama. Protagonis dalam cerita ini biasanya berjuang untuk memperbaiki masalah itu sekaligus berjuang melawan  orang atau kelompok yang bertanggung jawab atas terjadinya bencana.

Spionase/Spy-Thrillers: Novel spionase biasanya bercerita tentang konflik antara seorang agen atau dinas intelijen rahasia melawan agen atau dinas intelijen rahasia lainnya. Sering juga yang menjadi lawannya adalah kelompok teroris.

Horor: Cerita untuk menakut-nakuti pembaca. Sering menampilkan monster seperti vampir atau drakula atau tokoh yang jahat bak monster. Ketakutan, adegan kekerasan, dan pembunuhan menjadi komponen penting dalam genre ini.

Legal-Thrillers: Pengacara dan ahli hukum menjadi tokoh utama di sub-genre ini. Konflik bisa terjadi di dalam ataupun luar ruang sidang.

Medical-Thrillers: Tema cerita seputar ancaman dari dunia kesehatan--seperti virus. Menampilkan dokter atau ahli kesehatan lain sebagai karakter utama.

Military: Temanya berkisar tentang usaha seorang atau kelompok pasukan khusus dalam menjalankan misi--biasanya untuk melumpuhkan musuh.

Police Procedural: adalah cerita detektif untuk mengungkap sebuah kasus yang dibuat sedemikian rupa sehingga mengikuti prosedur yang dilakukan polisi di dunia nyata.

Political Intrigue: Bercerita tentang konflik di sekitar dunia politik. Karakter utama biasanya anggota suatu kelompok politik dan berusaha untuk menghilangkan ancaman yang menerjang kelompoknya.

Psychological: Kejiwaan dan ketidakstabilan mental karakter menjadi komponen utama dalam genre ini.

Supernatural/Paranormal: Genre ini beririsan dengan genre fantasi. Tokoh dalam cerita ini-- entah itu protagonis, antagonis, atau mungkin keduanya--punya kekuatan supranatural.

Technological/Techno-Thrillers: Terima kasih buat om Tom Clancy yang telah menciptakan sub-genre ini. Genre ini juga sering beririsan dengan science-fiction. Dalam cerita techno-triller, teknologi menjadi komponen penting. Biasanya konflik terjadi karena terciptanya atau ditemukannya teknologi baru, contohnya komputer super yang bisa berpikir seperti manusia dan ingin menguasai dunia, atau teknologi untuk menciptakan manusia super.

Referensi:

Ronny Mailindra

Ronny Mailindra adalah penulis novel thriller dan fantasi. Berdomisili di Bandung, penyandang gelar M.Sc. in eBusiness ini sehari-hari bekerja sebagai software engineer.

No comments:

Post a Comment