Tuesday, July 21, 2015

Karakter penjahat di Thriller Indonesia




Berapa banyak si penjahat yang kita kenal, berapa banyak penjahat yang kita ingat dalam dunia fiksi Indonesia. Banyak film action thriller di Indonesia, banyak film superhero; Wiro Sableng, Si Buta, Gundala, Si Pitung dan lain sebagainya. Kita kenal para jagoannya tapi kita tidak kenal siapa lawan-lawan mereka.

Siapa yang ingat nama musuhnya Willy Dozan di serial Deru dan Debu, atau siapa yang ingat nama musuhnya Ari Wibowo di serial Darah dan Cinta, atau siapa lawan Panji Manusia Milenium atau Sarah 008?Kita kenal nama-nama tersebut, namun kita tidak kenal siapa nama-nama musuhnya? Mereka terlalu mudah dilupakan? Ya seperti yang saya bilang di blog saya, kelemahan orang Indonesia adalah menciptakan karakter penjahat.

Ok, dibawah ini adalah karakter-karakter penjahat paling memorable dalam dunia fiksi Indonesia.


1. Mak Lampir

Tentu saja, jangan ngaku orang Indonesia kalau belum pernah mendengar nama Mak Lampir. Semua orang Indonesia tahu nama itu.

Bahkan nama itu sering dijadikan presetan, kadang untuk beberapa orang dijadikan nama panggilan untuk cewek yang menyebalkan.

Sosok Mak Lampir menjadi fenomenal sejak kemunculannya dalam film Misteri Gunung Merapi di tahun 80an yang diperankan oleh Farida Pasha, dan terus sampai sekarang dia menjadi salah satu karakter penjahat paling legendaris yang ada di Indonesia.


2. Si Mata Malaikat

Ini adalah Arch-Enemy yang paling saya ingat dalam berbagai kisah pendekar terutama kisah Jaka Sembung dan Si Buta dari Goa Hantu.

Si Mata Malaikat adalah pendekar buta yang menjadi Arc-Enemy dari Jaka Sembung. Gw ingat Si Mata Malaikat diperankan oleh Adven Bangun, dan Jaka Sembung diperankan oleh Barry Prima.

Karakter Mata Malaikat juga merupakan Arc-Enemy dari Si Buta dari Goa Hantu, gara-gara Si Mata Malaikat menghabisi keluarga si Buta, jadilah si Buta belajar ilmu tanpa mata tersebut untuk mengalahkan si Mata Malaikat


3. W D Muchtar

Saya ingat salah satu musuhnya Jaka Sembung yang lain yang terkenal dengan ilmu Rawa Ronteknya.

Dia adalah W D Muchtar, selain ilmu serangan jarak jauhnya dia terkenal dengan tubuh yang immortal sekalipun sudah dipotong-potong tapi asal dia bisa menyentuh tanah, maka potongan-potongan tubuhnya itu akan kembali menyatuh.

Ilmu yang keren, bahkan sebelum ada Terminator 2 Judgement Day dengan T-1000 yang bisa menyatuh kembali jika menyentuh tanah.


4. Mad Dog

Untuk generasi 2010an, tentu saja siapa yang tidak kenal dengan Mad Dog dari The Raid yang diperankan oleh Kang Yayan Ruhian. Dengan jargonnya "Biar lebih greget!"

Saya suka dengan karakter ini, dia sadis, lincah, dan memiliki kekuatan yang melampaui fisiknya, dia hebat bisa bertarung dan mengalahkan Komandan Jaka yang diperankan oleh Joe Taslim, dan bertarung sangat sengit melawan Iko Uwais dan Donny Alamsyah.

Untuk saya, karakter Mad Dog mengingatkan saya dengan Bezita yang menjadi Arch-Enemy dari Son Goku di serial Dragon Ball.


5. Syeik Siti Djenar

Dia adalah Arch-Enemy dari Sunan Kalijaga

Saya lupa siapa yang memerankan Syeik Siti Djenar pada saat itu. Tapi gw ingat pertarunngan antara si Syeik dengan Sunan Kalijaga. Mereka berdua sama-sama memiliki ilmu-ilmu yang tingkat tinggi.

Saya ingat si Syeik menguasai kekuatan 4 elemen; tanah, air, api, dan udara. Dia juga mengusai ilmu perubahan, dia bisa berubah menjadi apapun yang dia mau termasuk berubah menjadi bayangan.


6. The Assassins

Yang diperankan oleh Cecep Arif Rahman dalam film Raid 2 Berandal.

Tadinya saat melihat trailernya di youtube, saya kira Assassins adalah aktor Jepang ternyata dia adalah orang Indonesia.

Assassins begitu memorable dengan senjata-nya Karambit, serta stamina bertarungnya yang tak terhentikan meski sudah berlumuran begitu banyak darah.


7. Hammer Girl

Cewek cantik bule dengan dua buah palu di genggaman tangannya.

Siapa yang tidak ingat akan Julie Estelle, saya rasa dia akan terus dikenang dengan perannya tersebut sampai 50 tahun ke depan.


8. Blur

Dari novel Metropolis - Windry Ramadhina, Blur adalah Boss Mafia, dalang dibalik berbagai kejahatan yang terjadi di penjuru kota Jakarta.

Saya suka karakter ini, seperti namanya -Blur merupakan sosok yang kabur, dia adalah bayangan di atas air yang berguncang, anonim tanpa identitas yang pasti. 


9. Tuan Shinpei

Dia adalah Prof. James Moriarty versi dunia fiksi Tere Liye, muncul di dua novelnya; Negeri Para Bedebah dan Negeri DiUjung Tanduk sebagai sosok Bos penjahat.
ftrohx

twitter saya ; @ftrahx

1 comment:

  1. Betul sekali kak Mak Lapir adalah legend! bahkan saya tidak ingat siapa tokoh protagonisnya Misteri Gunung Merapi haha...
    Syeik Siti Jenar ini tokoh fiksi apa nyata ya? Sunan Kalijaga kan tokoh nyata. Menguasai api air, tanah dan udara. Rupanya sudah ada avatar versi Indonesia *_*

    ReplyDelete